Judul Tugas : �Kurikulum 2013 : RPP Kurikulum 2013�
a. Pengertian Kurikulum 2013
Adalah kurikulum yang menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring.Selain itu, Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
b. Pengembangan RPP
RPP merupakan rencana kerja yang menggambarkan prosedur, pengorganisasian, kegiatan pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan yang telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup RPP paling banyak mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu) indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
c. Langkah-langkah Penyusunan RPP kurikulum 2013
Seorang guru harus memperhatikan langkah-langkah penyusunan RPP. Dalam RPP Kurikulum 2013 dibagi menjadi tiga langkah besar, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sebelum menyusun RPP, ada beberapa hal yang harus diketahui :
RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar.
Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Komponen RPP Kurikulum 2013:
a) Identitas Mata Pelajaran
b) Kompetensi Dasar
c) Indikator Pencapaian Kompetensi
d) Tujuan pembelajaran
e) Materi ajar
f) Alokasi waktu
g) Metode pembelajaran
h) Kegiatan pembelajaran
i) Penilaian hasil belajar
j) Sumber belajar
Menyusun Kegiatan Pembelajaran Kurikulum 2013
a. Kegiatan Pendahuluan
i. Motivasi
Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan
ii. Pemberian acuan
Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari Ajuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar
iii. Pembagian kelompok belajar
Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesua dengan rencana langkah-langkah pembelajaran
b. Kegiatan Inti
a) Proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar
b) Dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik
c) Menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran dengan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dilaksanakan melalui aktifitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.
c. Kegiatan Penutup
a) Kegiatan guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/ kesimpulan
b) Pemberian tes atau tugas dan memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan diluar kelas, dirumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
c) Pada kurikulum 2013 ini, terdapat beberapa unsur perangkat-perangkat pembelajaran telah dipersiapkan oleh Kemendikbud, seperti silabus, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sedangkan penyusunan RPP masih menjadi kewajiban guru. Penerapan Kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap hingga tahun 2015.
DAFTAR PUSTAKA
3) m-edukasi.web.id/2013/07/Flangkah-penyusunan-rpp-kurikulum-2013.html
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !